Self efficacy merupakan penilaian seseorang terhadap kemampuan diri untuk mengatur dan melaksanakan upaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah self efficacy. Beberapa penelitian menunjukkan pendidik sering kali mengabaikan pentingnya self efficacy yang mengakibatkan aspek afektif ini kurang mendapat perhatian. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) melihat hubungan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) mengetahui besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 7 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah 2 kelas, yaitu X-D dan X-E yang berjumlah 55 siswa. Sampel ditentukan secara acak dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan nilai hasil belajar matematika siswa materi eksponen dan logaritma yang diperoleh dari guru bidang studi matematika. Pengolahan data dilakukan dengan rumus korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh sebesar 0,53% sedangkan sisanya 99,47% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pengaruh, Self Efficacy, hasil belajar matematika.
Copyrights © 2018