Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 3, No 1 (2018): JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAMBOO DANCING DI KELAS XI IPA.1 SMAN 1 KINALI

Kusuma Winanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Berdasarkan aktivitas belajar siswa Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing di Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 38 orang siswa Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 1 Kinali. Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70.99 (cukup) meningkat menjadi 82.48 (baik) dengan peningkatan sebesar 76.74.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan: Penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan kelas, Proses pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan ini terbit 3 periode dalam 1 tahun yaitu Bulan April, Agustus, ...