AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menerjemahkan dan mengetahui bagaimana menggunakan metode terjemah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan empat teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan ujian. Teknik analisis data menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan dua hal, yaitu: 1 Metode penerjemahan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu terdiri atas beberapa macam cara, di antaranya: memberikan definisi kata, kemudian memberikan jenis kata dan kaidah-kaidah yang wajib dihapal dalam bahasa Arab dan menjelaskan secara terperinci, melatih siswa untuk menerjemahkan kalimat dan paragraf, meminta seorang siswa untuk membaca teks dan yang lain memperbaikinya, memberik daftar kosakata yang akan dihapal. 2 Penggunaan metode penerjemahan oleh guru dalam mengajar bahan bahasa Arab dapat meningkatkan hasil pendidikan untuk siswa kelas delapan.Kata kunci: Metode tarjamah, hasil belajar
Copyrights © 2018