Al Ibrah Journal of Arabic Language Education
Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education

Isykaliah Fahm Fi'il al-Nahy Laday Thalabah al-Mustawa al-Khamis Syu'bah Tadris al-Lugah al'Arabiyyah (Tahlil Wadhzifah Fi'il al-Nahy fi al-Qur'an Surah al-Hasyr)

Mardi Takwim (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini menyajikan masalah pemahaman tentang kata kerja larangan pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, IAIN Palopo (analisis fungsi kata kerja larangan dalam Alquran Surah al-Hasyr). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan, dan data sekunder melalui penelitian pustaka dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metodenya bersifat induktif dan analisis data yang dipergunakan adalah pengorganisasian data dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahwa masalah yang dihadapi oleh siswa dari semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terletak pada pembuatan kata kerja larangan yang shahih mazid dan mutal akhir, dan metode yang dipergunakan tidak efektif karena tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang kata kerja larangan. Metode yang disukai mahasiswa adalah diskusi dan ceramah. (2) Adapun kata kerja larangan dalam Surah al-Hasyr terletak pada dalam ayat (10) dan (19) berarti kata "jangan membuat/menjadikan ... dan janganlah kalian menjadi ...". Wazan kata larangan ini adalah " ????? ??????? ".Kata kunci: Problematika fiil nahy, solusi fiil nahi dalam Surah al-Hasyr

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ibrah

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL IBRAH is a peer-reviewed academic journal dedicated to advancing scientific knowledge and innovation in Arabic language education. The journal welcomes submissions on Arabic language teaching, classroom innovations, and various applied linguistics subfields. Typically, submissions should range ...