Penelitian ini bertujuan untukmengetahuipengaruh pembelajaran outdoor terhadap sikapkepedulian terhadap lingkungan bagi mahasiswa S1 PendidikanGeografi STKIP Ahlussunah Bukittinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menilai pengaruh suatu perlakuan pendidikan terhadap sikap dan perilaku mahasiswa sebelum dan sesudah diberi tindakan. Berdasarkan uji homogenitas kemampuan kognitif peserta didik didapatkan kesimpulan bahwa karakter subjek penelitian homogen jadi penentuan kelas eksperimen dan kontrol dapat dilakukan dengan metode random. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran outdoor dapat meningkatkan sikap kepedulian mereka terhadap lingkungan, hal ini ditandai dengan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan beda yang signifikan. Pembelajaran menggunakan pendekatan di luar kelas (outdoor) sangat mendukung khususnya pada materi pembelajaran lingkungan hidup, karena memiliki nilai pendorong yang memotivasi belajar peserta didik, Sebab itu dengan penggunaan setting alam terbuka sebagai sarana kelas telah memberikan dukungan terhadap proses belajar secara menyeluruh dan menambah aspek kegembiraan serta kesenangan bagi para peserta didik dalam pembelajarannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018