Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 2 (2018)

PENINGKATAN HASIL LAYANAN KLASIKAL KONSEP PENGEMBANGAN KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Martinus Gea (Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam penerapan model CTL meningkatkan hasil layanan klasikal siswa di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah guru, dan siswa kelas XI MIA. Pengambilan data menggunakan teknik observasi untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal yang dilakukan guru BK/Konselor dan tes penilaian segera (laiseg) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep pengembangan kehidupan sosial melalui analisis tindakan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian Model CTL dapat meningkatkan hasil layanan klasikal terhadap siswa.  Hal ini berarti hipotesis terbukti. Kata kunci: Layanan klasikal, model Contextual Teaching and learning (CTL).

Copyrights © 2018