Triple S (Journals of Mathematics Education)


Penerapan Metode Inkuiri Model Alberta Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Rusmiati, Ayi (Unknown)
Ihsan, Iden Rainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2018

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik. Terdapat desain pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut, yakni metode inkuiri model Alberta. Tujuan pertama pada penelitian ini adalah meninvestigasi keberadaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan kedua adalah membandingkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas kontrol dan eksperimen. Tujuan ketiga adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap metode inkuiri model alberta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Non-equivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP swasta di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, kuisioner, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen, peningkatan di kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, dan peserta didik memberi respon positif terhadap metode inkuiri model Alberta.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

triple-s

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

TRIPLE S merupakan Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh IAPM UNSUR. Triple S terbit dua kali dalam setahun (April dan Oktober). Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian, tinjauan komprehensif literatur ilmiah atau ulasan buku ilmiah yang dihasilkan oleh para ...