Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Vol 11, No 1 (2015)

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND AFFECT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OPERATOR SELULER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Endri, Eki Prajustitia (Unknown)
Aini, Siti Nur ( Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember)
Wibowo, Danan Satriyo ( Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Kualitas operator seluler yang baik diharapkan mampu memenuhikebutuhan konsumen dalam berkomunikasi. Suatu operator seluler dapatmemunculkan perasaan positif atau negatif yang menyebabkan konsumen merasabahagia atau kecewa terhadap produk atau jasa tersebut, hal ini disebut denganbrand affect. Kedua hal tersebut ada kaitannya dengan loyalitas konsumenmahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produkdan brand affect terhadap loyalitas konsumen operator seluler pada mahasiswaUniversitas Muhammadiyah Jember. Jenis penelitian ini kuantitatif denganmetode analisis regresi berganda. Subyek penelitian berjumlah 150 orangmahasiswa dengan pendekatan sampling acsidental. Data dikumpulkanmenggunakan skala dan dianalisis menggunakan SPSS 16.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand affectberpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Sig.=0.000, R=0.657).Persamaan regresi yang dihasilkan memiliki arah yang positif(Y=6.540+0.045X1+0.778X2). Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwasemakin tinggi kualitas produk dan brand affect maka akan semakin tinggiloyalitas konsumen pengguna operator seluler.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

INSIGHT

Publisher

Subject

Public Health

Description

Sejak Tanggal 9 Juli 2018 berdasarkan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI NOMOR 21/E/KPT/2018 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I TAHUN 2018. ...