Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)

Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Ipa Energi Gerak Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2016/2017 SDN Bringinbendo 2 Kabupaten Sidoarjo

Christina Dwi Kartika Budi Utami,S.Pd (SD Negeri Bringinbendo 2 Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57,14%), siklus II (71,43%), siklus III (92,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SD Negeri Bringinbendo 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Sains / Ilmu Pengetahuan Alam.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...