Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep dalam topik layanan Pemahaman dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba melalui strategi pembelajaran Inquiry pada siswa Kelas IX-D, maka tujuan penelitian dirumuskan sebagai berikut : Meningkatkan pemahaman konsep Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dalam Pada Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan strategi pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan kemampuan Bimbingan dan Konseling ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 74,06; siklus II 78,13, dan siklus III 82,81. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 59,38%, siklus II meningkat menjadi 78,13%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,75%.
Copyrights © 2018