Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas VI SDN 2 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo

Endang Setyowati (SDN 2 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas VI, SDN 2 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,88; siklus II 75,63; dan siklus III 81,56. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 75,00%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...