Pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 02 Pandean Kecamatan Taman Kota Madiun, sebagian besar minat siswa untuk belajar masih sangat kurang. Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil beberapa kali tes yang diadakan guru hanyalah 9- 11 siswa saja yang mencapai ketuntasan belajar. Ini berarti 50% saja dari 22 siswa yang ada yang berhasil . Oleh karena itu, penulis yang dibantu teman sejawat berinisiatif untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika khususnya pokok bahasan perkalian bilangan pecahan melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Pandean Kota Madiun . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengamatan atau observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi terhadap pokok bahasan perkalian bilangan pecahan memperoleh hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 59 % meningkat menjadi 77% pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa, Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika khususnya pokok bahasan perkalian bilangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 02 Pandean Kota Madiun
Copyrights © 2018