Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil pelayanan Strategi belajar sesuai gaya belajar melalui Pembelajaran Kooperatif model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas X.IIS 5 SMA Negeri 2 Magetan Semester II Tahun pelajaran 2017/2018. Dari beberapa kelas paralel di kelas X, maka di Kelas X.IIS 5 lah yang prestasinya paling rendah utamanya pada topik layanan Strategi belajar sesuai gaya belajar. Hal ini didukung adanya data prestasi mata pelajaran Bimbingan dan Konseling mencapai mean skor 57,22 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar hanya 51,85% dengan standar ketuntasan minimal ditetapkan 75. Sebagai perwujudan tanggung jawab peneliti yang juga konselor Bimbingan dan Konseling di Kelas X.IIS 5, maka peneliti menawarkan penerapan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan dan tiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran (2 x 45 menit), dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan jurnal.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pelayanan dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing siklus I sebesar 73,33, siklus II sebesar 78,15 dan siklus III 83,15. Selain itu peningkatan ini juga didukung dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 62,95%, siklus meningkat menjadi 74,07% dan siklus III meningkat dengan pesat sebesar 96,30%.
Copyrights © 2018