Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 4 SD Negeri Mulyoharjo 5 Jepara yang terdiri dari 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam siklus ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi hasil tes siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Pada pra siklus nilai yang diperoleh siswa pada muatan IPA masih banyak yang dibawah KKM >= 70 pada pra siklus ini siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 11 siswa atau 38% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 62%. Pada siklus 1 siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar yaitu 15 atau 52% siswa yang sudah mencapai KKM dan 14 atau 48% suswa masih belum tuntas. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh tingkatan hasil belajar siswa mencapai 23 atau 80% siswa yang sudah mencapai KKM dan 6 atau 20% siswa masih dibawah KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada muatan IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas 4 SD Negeri Mulyoharjo 5 Jepara.
Copyrights © 2018