Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 3 (2018): Vol 1 No 3 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Cooperative Script Pada Siswa Kelas 5 SDN 4 Mangkujayan Kabupaten Ponorogo

Any Trisnowati (SD Negeri 4 Mangkujayan)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS kelas 5 SD Negeri 4 Mangkujayan Kabupaten Ponorogo dan wawancara guru kelas 5, diketahui bahwa strategi yang digunakan guru adalah membaca individu, guru bercerita, dan tanya jawab namun hasil belajar masih rendah. Pada saat tanya jawab hanya sedikit peserta didik yang dapat menjawab.Tujuan Pembelajaran cooperative script yakni meningkatkan hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan social. Penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik, serta dapat meningkatkan hasil belajar. Terbukti setelah diterapkan strategi cooperative script dalam pembelajaran IPS adanya peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran yaitu dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar tahap pra tindakan 44,15, siklus I 72,15, siklus II 87,3. Ketuntasan belajar tahap pra tindakan 3,8%, siklus I 58,5%, siklus II 96,5%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...