Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 3 (2018): Vol 1 No 3 (2018)

Pengembangan Layanan Konseling Individual Melalui Pemusatan Perhatian Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Zat Gizi Sumber Tenaga (Karbohidrat) Di Kelas X Bo1 SMKN 2 Boyolangu

Tri Wahyuni, S.Pd (SMKN 2 Boyolangu)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Metode Pengajaran di kelas hendaknya memperhatikan minat , kebutuhan dan kesiapan siswa untuk belajar, sehingga siswa benar-benar bisa berfikir dengan jalan memusatkan perhatiannya terhadap materi yang diberikan oleh guru, perhatian berfungsi untuk memperoleh pengalaman belajar. Berfikir dengan jalan memusatkan perhatian sangat diperlukan oleh siswa sehingga mereka benar-benar bisa memahami materi pelajaran khususnya dalam materi Zat Gizi Sumber Tenaga (Karbohidrat ) di kelas X BO1 SMKN2 Boyolangu. Dalam hal ini Guru Pembimbing memberikan layanan konseling individual dengan harapan siswa benar-benar bisa memanfaatkan layanan tersebut sehingga cita-cita siswa untuk mendapatkan prestasi yang gemilang bisa tercapai. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN2 Boyolangu dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X BO1 Semester I tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 35 siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diadakan layanan konseling individual menunjukkan perubahan yang sangat berarti. Perubahan ini dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar. Sebelum diadakan layanan nilai rata-ratanya sebesar 64,85, setelah diadakan layanan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72,86 dan pada siklus II sebesar 84,86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individual melalui pemusatan perhatian dapat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Zat Gizi Sumber Tenaga (Karbohidrat) di kelas X BO1 SMKN2 Boyolangu Semester I Tahun 2016/1017

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...