NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Nurhalimah Riyana (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Abdul Aziz Abidan (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok hak asasi manusia peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Dan penelitian lapangan (field research)merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...