Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa disiplin guru SMP di Kota Padang masih rendah. Peneliti menduga bahwa supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja mempengaruhi disiplin kerja guru SMP di Kota Padang, oleh karena itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru SMP di Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Jika supervisi kepala sekolah tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja guru; 2) Jika motivasi kerja tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja guru; 3) Jika supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di beberapa SMP di Kota Padang yang berstatus pegawai negeri sipil dengan jumlah 225 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 83 orang. Data dikumpulkan dengan angket dengan skala likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 24,1 %, 2) motivasi kerja berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 27,5% dan 3) supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 32,2%. Berdasarkan analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dan disiplin kerja guru sama-sama berada pada kategori cukup baik dari skor ideal
Copyrights © 2017