NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMAMFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DI SMA NEGERI 2 SIBOLGA

Uli Anto Hutagalung (Dosen FKIP Univeristas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Benny Sofyan Samosir (Dosen FKIP Univeristas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2016

Abstract

Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, memerlukan strategi baru terutama dalam kegiatan pembelajaran. Dalam implementasi kurikulum guru harus mampu memilih dan menerapkan model, metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mampu mengembangkan daya nalar siswa secara optimal. Salah satustrategi pembelajaran yang memungkinkan bisa mengembangkan kreativitas, motivasi, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran adalah dengan memamfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Memamfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menjadialternatif strategi pembelajaran untuk memberikan kedekatan teoritis dan praktis. Dalam penelitian Tindakan sekolah ini difokuskan pada penelitian masalah memamfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat dirumuskan apakah kemampuan guru dalam memamfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat di tingkatkan, apakah kelebihan dan kelemahan pelaksanaan diskusi MGMP di SMA Negeri 2 Sibolga.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...