NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PINANGSORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Horas Sitompul (SMA Negeri 1 Pinangsori Tapanuli Tengah)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomii siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pinangsori dengan Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiri. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase perolehan skor Motivasi Belajar Ekonomi dengan skor maksimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Inquiri sudah diterapkan dengan baik. (2) Respon siswa kelas XI IPS 1 terhadap Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiri menunjukkan respon positif dibuktikan dengan skor respon sebesar 81,02%. (3) Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pinangsori Tahun Ajaran 2017/2018, pada perhitungan hasil observasi terjadi peningkatan Motivasi Belajar Ekonomi pada siklus I sebesar 73,55% dan siklus II sebesar 85,12%, peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 11,57%. Dengan cross check dilakukan melalui angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan siklus I sebesar 74,04% dan siklus II sebesar 82,72%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 8,68% . Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiri, Peningkatan Belajar Ekonomi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...