NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF DAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 0710 ALIAGA IV

Dermawati Dermawati (Guru SD Negeri 0710 Aliaga IV Kabupaten Padang Lawas)



Article Info

Publish Date
19 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn, serta untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dengan discovery (penemuan terbimbing). Penelitian ini menggunakan penilaian proses, penilaian hasil belajar siswa serta refleksi pembelajaran oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0710 Aliaga IV kelas V semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan discovery ini ternyata mampu; 1) meningkatkan interaksi sosial antar siswa; 2) meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar; dan 3) meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Penerapan model pembelajaran kooperatif dan Discovery dalam pelajaran PKn sangat perlu diterapkan karena dapat meningkatkan daya interaktif siswa terhadap siswa lain, serta siswa dengan guru di kelas V SD Negeri 0710 Aliaga IV, hal ini ditunjukkan dari data nilai rata-rata, nilai minimum maupun nilai maksimum dari pra PTK dengan Nilai siklus I danĀ  siklus II. Aktivitas dan respon siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif dan Discovery dalam pelajaran PKn kelas V di SD Negeri 0710 Aliaga IV ini tergolong positif. hal ini dapat diketahui dari hasil rata-rata penilaian proses pembelajaran dari segi minat serta sikap siswa yang meningkat dari pra PTK dan setelah dilaksanakannya siklus I dan siklus II. Penerapan model pembelajaran Kooperatif dan Discovery dalam pelajaran PKn kelas V SD Negeri 0710 Aliaga IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian hasil kerja siswa yang semakin meningkat dari siklus ke siklus berikutnya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...