NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MODEL RANCANGAN IDI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK IPS EKONOMI DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Ali Nurdin Siregar (FKIP Univeristas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan angket dan tes. Kemudian untuk melihat apakah ada pengaruh model rancangan IDI terhadap prestasi belajar peserta didik IPS Ekonomi di kelas VII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan, Penulis menggunakan rumus statistik yaitu korelasi product moment, yaitu : Dari perhitungan koefesien korelasi ganda tersebut maka diperoleh hasil r hitung = 0,432, hasil ini kemudian dibandingkan dengan r tabel dimana r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,432 > 0,37, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model rancangan IDI terhadap prestasi belajar peserta didik IPS Ekonomi di kelas VII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017-2018. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Peserta Didik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...