NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Muhammad Ali (Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pinang Sori Kabupaten Tapanuli Tengah)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2018

Abstract

Berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah dan supervisi yang dilakukan terhadap guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, ditemukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun RPP melalui Supervisi akademik di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaa Pembelajaran di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal ini dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata RPP yang dibuat oleh guru juga mengalamin peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata nilai 70,10 dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,5. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Supervisi Akademik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...