Interaksi dan komunikasi adalah salah satu modal bagi seseorang untuk memperoleh berbagai informasi melalui lingkungan. Lingkungan hingga saat ini diyakini sebagai sumber yang sangat berpengaruh untuk pembangunan. Salah satunya adalah anak autis yang memiliki masalah besar dalam komunikasi dan bahasa, sehingga kosa kata yang didapat terbatas. Oleh karena itu pembelajaran bahasa untuk anak-anak autis memiliki posisi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata menggunakan media visual (gambar) pada anak autis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan media visual, subjek penelitian ini adalah 5 anak autistik di PAUD Mandiri Anggrek di Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak autis dapat memahami beberapa kosakata dengan media visual (gambar) dan tampaknya ada perubahan komunikasi yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa media visual (gambar) dalam kegiatan pembelajaran kosakata memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata anak-anak autistik, terutama dalam hal pemahaman kata.
Copyrights © 2018