Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2018 "Inovasi IPTEKS untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan"

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Endang Wahyu Andjariani (PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo, Sidoarjo)
Eni Nurhayati (PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo, Sidoarjo)
Eka Nurmala Sari Agustina (Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo, Sidoarjo)
Siti Nuriyatin (Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo, Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

Setiap orang mempunyai gaya belajar dan kemampuan bahasa inggris yang berbedabeda. Setiap lulusan perguruan tinggi dituntut untuk menguasai kemampuan bahasa inggris tidak terkecuali mahasiswa prodi matematika. Namun penyerapan informasi terkait pembelajaran bahasa inggris yang diterima mahasiswa tentunya dipengaruhi oleh bagaimana cara mahasiswa dalam menerima informasi (gaya belajar). Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan hubungan antara perbedaan gaya belajar individu dengan kemampuan bahasa inggris mahasiswa terutama mahasiswa yang tidak mempelajari bahasa inggris secara resmi. Subjek penelitian ini sebanyak 62 mahasiswa pendidikan matematika semester akhir. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar dan TOEP. Hasil angket dan TOEP dinilai dan untuk menentukan gaya belajar yang menonjol dan kemampuan bahasa inggris yang menonjol dari setiap sampel penelitian. Kemudian dilakukan analisis hubungan antara gaya belajar dan kemampuan bahasa inggris menggunakan Korelasi Spearman. Setelah dilakukan analisis, diperoleh bahwa hanya skor aspek auditori dengan kemampuan listening dan kemampuan bahasa inggris mahasiswa matematika mempunyai hubungan yang sangat kuat, positif, dan signifikan. Dengan kata lain, jika seseorang mempunyai kecenderungan gaya belajar auditori maka orang tersebut akan lebih baik pada kemampuan listeningnya dari pada kemampuan reading dan structurnya.

Copyrights © 2018