Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2018 "Inovasi IPTEKS untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan"

PENINGKATAN DAYA SAING UKM KERAJINAN MEMASUKI PASAR GLOBAL

. Sodik (Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang, Malang)
Wahju Wulandari (Fakultas Ekonomi, Universitas Widyagama Malang, Malang)
Dharmayanti Pri Handini (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

UKM Malang Raya mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.013.758 orang atau 9,12%, sedangkan jumlah UKM di Malang Raya tahun 2015 sebesar 516.213 unit atau 7,56% dari seluruh total UKM di Propinsi Jawa Timur. Tujuan penelitian : untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi UKM kelompok kerajinan di Malang Raya dari tantangan, hambatan, peluang dan kelemahannya dan menggali permasalahan terkait modal insani dan modal sosial. Purposive random sampling untuk menentukan kelompok UKM, dan Proporsional random sampling untuk sampel yang terwakili di Malang Raya. Kuesioner yang dipakai sebagai alat pengumpul data dan jumlah sampel yang diambil 100 responden berdasarkan Roscue. Alat analisis SWOT untuk mencapai pengukuran kinerja yang berdaya saing di pasar global. Hasil penelitian memperlihatkan daya saing UKM kelompok kerajinan di Malang Raya pada posisi pertumbuhan, hal ini akan mempengaruhi dari sisi manajerial usaha baik dari segi keuanganM dan organisasi, serta model pemasaran yang dilakukan.

Copyrights © 2018