Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1, No 1 (2017): BENCHMARKING

HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN REWARD DENGAN KINERJA GURU DI SD HIKMATUL FADHILLAH MEDAN

Asril Saad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2017

Abstract

Guru merupakan komponen yang penting dalam proses belajar mengajar, karena mutu hasil pendidikan sangat tergantung dari kemampuan kerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan memberikan sebuah reward atau penghargaan dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pemberian reward dengan kinerja guru di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SD Hikmatul Fadhillah Medan yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha cronbach. Uji hipotesisi menggunakan analisis regresi sederhana yakni dengan menggunakan teknik analisis product moment. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pemberian reward dengan kinerja guru SD Hikmatul Fadhillah Medan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai tℎitung = 2,09 >= 1,679. Sedangkan koefisien korelasi sebesar rhitung = 0, 289 > rtabel = 0,279. Dengan demikian, besarnya pengaruh variabel pemberian reward dengan kinerja guru adalah sebesar 8,4%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

benchmarking

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Benchmarking journals places that can receive article writers from various universities and professions around the world to share concepts, theories and innovations in the management of Islamic education, education management, supervision, managerial, resource management in the field of education ...