Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Vol 1, No 4 (2017): Oktober-Desember

PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUKHARI MUSLIM YAYASAN TAMAN PERGURUAN ISLAM (YTPI) KECAMATAN MEDAN BARU KOTA MEDAN

Hasan Basri, Haidar Putra Daulay, Ali Imran Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperencanaan pembinaan akhlak, pelaksanaan pembinaan akhlak dan evaluasi pembinaan akhlak dalammenghadapi kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Medan.Jenis penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamatifenomena yang tejadi di lapangan secara alamiah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknikobservasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam penyajian dan menganalisis data, peneliti menggunakananalisis kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data danmenyimpulkan hasil akhir. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan terdiri dari: mengidentifikasibentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di Mts. Bukhari Muslim, faktor-faktor penyebab kenakalansiswa, pembinaan akhlak yang dilakukan, hambatan dalam pembinaan akhlak, evaluasi dan hasil daripembinaan akhlak. 2). Pembinaan akhlak yang dilakukan diantaranya: pembinaan akhlak terhadap AllahSwt, pembinaan akhlak terhadap sesama dan pembinaan akhlak terhadap diri sendiri. 3). Evaluasipembinaan akhlak meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi ranah psikomotorik merupakanbagian yang paling banyak diperhatikan dalam proses pembinaan akhlak karena sangat terkait denganpengamalan, yakni partisipasi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembinaan akhlak.The problem which is discussed in this thesis is about of moral guiding in face of student misbehavior atBukhari Muslim Secondary School Medan. The objectives of this thesis are to understand the planning,the implementation and the evaluation of moral guiding in face of student misbehavior at Bukhari MuslimSecondary School Medan. This is a qualitative thesis by using phenomenologic approaching, whichobserves phenomenon that occurred in the field. In collecting data, the writer used these following techniques;observing, interviewing, and library research. In presenting and analyzing data, the writer usedqualitative method by doing these following steps; collecting the data, selecting the data, presenting thedata, and summarizing the final result. The conclusions of the thesis are as follows, (1) the planning ofmoral guiding consists the types identification of student misbehavior, the causes of student misbehavior,the establishment, the obstacles, the evaluation and the result of moral guiding; (2) the moral guidingconsists the morals toward Allah, morals toward beings, and morals toward ourselves; (3) the evaluation ofmoral guiding includes cognitive, affective and psychomotoric. Psychomotoric domain evaluation is themost concerned part in the process of moral guiding because it is closely related to the practice of participationof learners in conducting moral guiding activities

Copyrights © 2017