Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1, No 1 (2017): BENCHMARKING

UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NEGERI 2 MEDAN

Masythah Nur Nst (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2017

Abstract

Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya di temukan secara faktual bahwa masih ada guru-guru yang belum mampu menguasai seluruh kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh guru termasuk kompetensi profesional. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala MTs Negeri 2 Medan melakukan langkah tindak lanjut untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dengan adanya kebijakan MGMP, GERMANING, apel pagi dan siang, mengirim guru-guru untuk mengikuti Workshop, dan melaksanakan monitoring yang tiada henti, mengkoreksi seluruh bahan ajar guru, termasuk PROTA, PROSEM, RPP, dan Silabus, dan memberikan motivasi secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan profesionalisme guru dan bagaimana upaya serta proses pelaksanaan peningkatan profesional guru yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Negeri 2 Medan. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru salah satunya adalah dengan pembinaan, penataran, seminar, MGMP, GERMANING, dan melaksanakan monitoring tiada henti, serta terus memberikan motivasi kepada semua guru

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

benchmarking

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Benchmarking journals places that can receive article writers from various universities and professions around the world to share concepts, theories and innovations in the management of Islamic education, education management, supervision, managerial, resource management in the field of education ...