Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran Berbasis Portofolio kelas IV SD Negeri 1 Keteguhan dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar siswa terbiasa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Dari pelaksanaan PTK ini diperoleh temuan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Hal ini terlihat ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Pada siklus I diketahui aktivitas siswa 89,3 % ini dikategorikan sangat tinggi. Pada siklus II aktivitas siswa 94 % dikategorikan sangat tinggi. Aktivitas guru dalam Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio guru memperoleh skor 94,40 % dari skor maksimal yang diharapkan 100. Ini dapat dikategorikan Pembelajaran Berbasis Portofolio sudah dilaksanakan dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018