JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 3, No 2 (2018)

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Listrik

Anton S (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  media pembelajaran  Mind  Mapping  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa  pada  mata  kuliah  Bengkel Listrik.  Dalam  pembelajaran  mata  kuliah  Bengkel  Listrik  kurang  adanya  kolaborasi penggunaan  media  pembelajaran  yang  efisien,  membuat  mahasiswa  kurang  aktif  dalam pembelajaran  serta  minat  belajar  mahasiswa  menjadi  kurang  sehingga  hasil  belajar mahasiswa  menjadi  rendah.  Penelitian  ini  berbentuk  penelitian  kuantitatif.  Sampel  yang digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas  sebelum perlakuan  (pretest)  diajar  dengan  mentode  konvensional/ceramah  dan  kelas  sesudah perlakuan  (posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  trainer  elektronika.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  untuk  data  hasil  belajar  mahasiswa.  Teknik analisis data menggunakan  uji t.  Berdasarkan hasil  uji  t  yang menunjukkan  bahwa  thitung = 24,74 dan ttabel = 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian  terbukti  atau  diterima.  Simpulan  pada  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  dari penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bengkel Listrik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...