JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 3, No 2 (2018)

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Elektronika Logika

Annas M (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Penerapan  Media  Pembelajaran Gerbang Logika  Berbasis IT  Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Logika.. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang  digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan  (posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  gerbang  logika  berbasis  IT,  yaitu macromedia  flash.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  dan  metode dokumentasi untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kriteria ujinya adalah jika nilai angket yang diisi lebih besar dari pada mean maka mahasiswa tersebut masuk dalam kriteria termotivasi begitu juga sebaliknya, jika nilai angket yang diisi oleh mahasiswa lebih kecil dari pada mean maka mahasiswa tersebut masuk dalam kriteria tidak termotivasi. Dari hasil analisis tersebut terdapat 15 mahasiswa dan 2 mahasiswa yang tidak termotivasi.  Uji hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji-t terhadap nilai hasil belajar  pada  sebelum  perlakuan  (pretest)  dan  sesudah  perlakuan  (posttest)  dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Kriteria ujinya adalah sebagai berikut ini H0 diterima / H1 ditolak jika thitung< ttabel dan H0 ditolak/H1 diterima jika thitung > ttabel. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 12,33 dan ttabel = 1,746 Karena thitung > ttabel. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thitung (12,33) > ttabel (1,746) maka H0 ditolak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...