Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Logika.. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran gerbang logika berbasis IT, yaitu macromedia flash. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kriteria ujinya adalah jika nilai angket yang diisi lebih besar dari pada mean maka mahasiswa tersebut masuk dalam kriteria termotivasi begitu juga sebaliknya, jika nilai angket yang diisi oleh mahasiswa lebih kecil dari pada mean maka mahasiswa tersebut masuk dalam kriteria tidak termotivasi. Dari hasil analisis tersebut terdapat 15 mahasiswa dan 2 mahasiswa yang tidak termotivasi. Uji hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji-t terhadap nilai hasil belajar pada sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest) dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Kriteria ujinya adalah sebagai berikut ini H0 diterima / H1 ditolak jika thitung< ttabel dan H0 ditolak/H1 diterima jika thitung > ttabel. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 12,33 dan ttabel = 1,746 Karena thitung > ttabel. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thitung (12,33) > ttabel (1,746) maka H0 ditolak.
Copyrights © 2018