PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU I

AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY UNTUK MEDIA PROMOSI

Faizal Zuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Peranan media merupakan hal yang cukup penting dalam memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai Universitas Satya Negara Indonesia.Penyampaian informasi tersebut biasanya dilakukan secara lisan dan dalam bentuk dua dimensi seperti poster, brosur, serta melalui website. Media informasi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing .Untuk itu merancang sebuah media promosi tambahan untuk melengkapi media yang biasa digunakan oleh kampus. Pembuatan media promosi tersebut mengimplementasikan teknologi multimedia komputer yaitu penggabungan antara Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Augmented Reality dan Virtual Reality dipilih karena kelebihannya dalam mendeskripsikan suatu objek bangunan secara 3 dimensi (3D) secara nyata, untuk mempermudah pengguna dalam mengetahui informasi tentang kampus Universitas Satya Negara Indonesia yang dapat digunakan pada Smartphone. Selain hal tersebut dibutuhkan juga suatu aplikasi yaitu Vuforia SDK, Unity 3D Engine dan Google ScetchUp untuk proses desain awal sampai dengan akhir aplikasinya. Pada perancangan ini menerapkan algoritma FAST Corner Detection serta menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

Copyrights © 2018