Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 3, No 1 (2018): June 2018

Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

Roni Rahmawanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2018

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation, to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation to increase the activity, and to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation can improve student’s learning achievement at social studies. The subjects of this study were students of Class IV-B SD Bantul Timur, the year of academic 2014/2015. Implementation of the action in this study began on 12 January to January 23, 2015. The study was conducted in two cycles and each cycle of four meetings. Implementation of the action refers to the opinions of Kemmis and McTaggart which put forward the steps of classroom action research, namely: (1) planning; (2) implementation of the action; (3) observation; and (4) reflection. Data collection techniques use cognitive tests, affective observation, psychomotor rubric, teacher activity observation, student activity observation, teacher interview, field note and documentation. The results showed that: (1) the study was conducted in two cycles; each cycle is held in four meetings, each of which takes 70 minutes; (2) there is an increase in the level of success of student activities; and (3) there is an increasing level of success of student achievement. Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi, mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan aktivitas, dan mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa matapelajara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV-B SD Bantul Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 12 Januari s.d. 23 Januari 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus empat kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan mengacu pada pendapat Kemmis dan McTaggart yang mengemukakan tahap-tahap penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, observasi afektif, rubrik psikomotor, observasi kegiatan guru, observasi aktivitas siswa, wawancara dengan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian dilakukan dalam dua siklus; tiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dimana masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 x 1 jam pelajaran (35 menit); (2) ada peningkatan taraf keberhasilan aktivitas siswa; dan (3) ada peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...