Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 2 No 1 (2019): Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019

The Implementasi Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Ayuningtyas, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis pendekatan scientific pada peserta didik kelas 4. Penelitian ini merupakan action research (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa innstrumen seperti tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Salatiga 03. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil analisis siklus 1 dengan hasil analisis siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis pendekatan scientific telah terbukti meningkatkan  hasil belajar matematika sebesar 11,8% yaitu 67,6% ada siklus 1 dan meningkat 79,4% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, implementasi problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, problem based learning disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika   Abstract: The aims of this reseacrh was to increased the mathematics learning outcomes through the implementation of scientific approach learning based on problem based learning(PBL) models for the fourth grade students. This research is an action research which consists of two cycles. The data collection used some instruments such as test, observation sheets, and field notes. The subjects of the research were students in 4th grade of SDN Salatiga 03. Data analysis was carried out using comparative descriptive analysis by comparing the results of cycle 1 analysis with the results of cycle 2 analysis. The results showed that the PBL learning model has been shown to increase mathematics learning outcomes for 11,8%, by 67,6% in cycle 1and increased 79,4% in cycle 2. Based on the results of the study, the implementation of scientific approach based on problem based learning (PBL) can increase mathematics learning outcome. Therefore, problem based learning is recommended to be applied in mathematics learning.    

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...