Dalam perencanaan strategi pendidikan di bidang logistik dan SCM (Supply Chain Management) dapat menggunakan pendekatan Evaluasi faktor eksternal. Penelitian ini mengusulkan pendekatan sumber media massa dan berita terkini sebagai landasan menentukan faktor eksternal agar rumusan yang didapatkan bersifat terbaru dan lebih kontekstual. Faktor eksternal tersebut lalu dianalisis untuk diambil rumusan strategi yang cocok untuk pendidikan Rekayasa Logistik. Strategi mengerucut ke dalam beberapa hal utama; meskipun belum saatnya mengarah secara penuh ke Industri 4.0, sebaiknya kurikulum pendidikan mencakup keilmuan yang selaras dan menunjang keilmuan tersebut, Softskill yang perlu ada dalam Pendidikan Rekayasa Logistik dan supply chain adalah kemampuan berbahasa inggris dan kemampuan mencari data, Objek kajian dari Pendidikan Rekayasa Logistik perlu mempertimbangkan beberapa bidang yang sedang meningkat kini yaitu logistik dan SCM kelautan, e commerce, dan zona internasional., lulusan perlu dibekali dengan kemampuan melakukan efisiensi proses bisnis dan digitalisasi proses bisnis.
Copyrights © 2018