EMPATI
Vol 5, No 1 (2018): Empati

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN PESERTA DIDIK TERHADAP KORBAN BULLYING SISWA

Ujang Khiyarusoleh (SMK Negeri 1 Cepu)
Nur Indriawati (SMK Negeri 1 Cepu)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Guru Meningkatkan Kepedulian Peserta Didik Terhadap Korban Bullying siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian ini adalah guru kelas di SD Kalierang Kecamatan Bumiayu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap korban bullying adalah sebagai berikut: memotivasi, menasehati, bimbingan secara kelompok dan individu, melakukan tindakan pengawasan, memberi peringatan dan hukuman , menjadi tokoh teladan atau panutan, kerjasama dengan orangtua, kerja kelompok, memberikan penghargaan, memasang slogan dan tata tertib dikelas. Kata Kunci       :  Strategi Guru, Kepedulian, Peserta didik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...