Christiyo Tri Yuniarwati, S.Pd “ Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas Kelas XI APh1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018 “ Rumusan Masalah : Bagaimana meningkatkan motivasi belajar dengan Teknik Modeling pada siswa dan Bagaimanakah Dampak Penggunaan melalui Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada Siswa Kelas XI APh 1? Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan Teknik Modeling dan Untuk mengetahui dampak peningkatan motivasi belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Manfaat penelitian : bagi peneliti, memperbaiki mutu layanan yang diberikan kepada siswa, Sekolah : dapat menyelesaikan suatu masalah dengan dinamika kelompok, dan untuk mengawasi penyelenggaraan BK agar dapat berjalan sesuai kebutuhan siswa.. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, metode yang digunakan angket, ceramah, tanya jawab, observasi, interview, dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI APh 1 SMK N I Cepu Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi belajar, rata- rata dari semula 4677 menjadi 5320 Sedangkan rata-rata pencapaian persentase dari semula 70,73 menjadi 80,6. Jadi rata- rata perubahan persentase subyek dalam menjawab sebesar 15, 23 %.Kata Kunci : Motivasi belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling
Copyrights © 2018