PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU II

PENILAIAN PASAR TERHADAP PRAKTIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Deni Darmawati (Unknown)
Lidia Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang penilaian pasar terhadap praktik Corporate Social Responsibility (CSR). Variabel dalam penelitian ini antara lain adalah CSR sebagai variable Independen. Sedangkan untuk variabel dependennya adalah penilaian pasar yang diukur dengan volume perdagangan dan harga saham, sementara variabel kontrolnya adalah kinerja perusahaan dan ukuran perusahaan.CSR diukur dengan menggunakan indikator yang dikembangkan oleh Mishra dan Suar (2010). Kinerja Keuangan di dalam penelitian ini di proksikan sebagai Return on Asset (ROA) serta Return on Equity (ROE). Logaritma total asset digunakan untuk mengukur ukuran perusahaan.Kriteria pengambilan sampel dalam penelitian ini terdapat sebanyak 64 perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013 – 2017. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi berganda.Pada penelitian ini dapat ditunjukkan bahwa variabel CSR berpengaruh positif terhadap penilaian pasar dalam hal ini harga saham, namun tidak berpengaruh berpengaruh terhadap volume perdagangan. Hal ini sejalan dengan Trading Range Theory yang mana kurang aktifnya perdagangan saham suatu perusahaan disebabkan dikarenakan harga saham yang terlalu tinggi (Khomsiyah dan Sulistyo, 2001).

Copyrights © 2018