PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU I

EVALUASI PEMBEBANAN KERETA API LOKOMOTIF GANDA YANG BEROPERASI DI INDONESIA TERHADAP RENCANA MUATAN 1921

Ian Alfian (Unknown)
Indah Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Dalam perencanaan jembatan rel kereta api salah satu beban yang ditinjau yaitu beban hidup yang diakibatkan oleh beban gandar lokomotif. Untuk beban gandar digunakan skema rencana muatan 1921 (RM 1921). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan beban lokomotif ganda yang beroperasi di Indonesia dengan RM 1921 yang menjadi dasar dalam perencanaan. Penelitian ini menggunakan variabel terikat yaitu RM 1921 dan variabel bebas yaitu beban gandar lokomotif ganda BB dan CC. Metode garis pengaruh digunakan untuk menganalisis setiap variabel dengan panjang jembatan rel yang ditinjau yaitu 45 meter. Dari hasil perbandingan gaya momen yang terjadi antara RM 1921 dengan lokomotif BB dan CC, dapat diketahui bahwa lokomotif ganda yang memiliki persentase gaya momen maksimum terdekat dengan yang ditimbulkan oleh RM 1921 yaitu lokomotif BB 201 dengan selisih 20,03% dan lokomotif CC 202 serta CC 205 dengan selisih 6,71%. Karena gaya momen yang diakibatkan oleh lokomotif ganda aktual masih lebih kecil daripada nilai yang dihasilkan oleh RM 1921, maka skema RM 1921 masih relevan untuk digunakan sebagai salah satu pedoman perencanaan.

Copyrights © 2018