Penelitian ini menganalisis pengaruh corporate social responsibility dan relationship quality terhadap customer loyalty. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, dimana sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 230 responden yang menjadi anggota MAP Club dan minimal 2 kali melakukan pembelian dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program AMOS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap relationship quality, selanjutnya relationship quality berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Implikasi manajerialnya diharapkan perusahaan dapat memberikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan setiap anggotanya, yaitu memberikan voucher tiket liburan gratis, memperbanyak jaringan dan toko, memberikan diskon, memberikan informasi yang relevan, memberikan voucher belanja, melakukan interaksi dengan baik, serta dapat juga memberikan apa yang diinginkan anggotanya melebihi harapannya.
Copyrights © 2018