KOMUNITAS: INTERNATIONAL JOURNAL OF INDONESIAN SOCIETY AND CULTURE
Vol 2, No 2 (2010): Tema Edisi: Perempuan - Perempuan Marginal

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL MATA PELAJARAN SOSIOLOG

Wirawan, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran inkuiri di SMA Wahid Hasyim Tersono. Apa saja kendala dalam pengembanganpembelajaran inkuiri sosial tersebut dan bagaimana upaya mengatasi kendala dalam pengembanganpembelajaran inkuiri disekolah tersebut? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran inkuiri sosial di SMA Wahid Hasyim Tersono sangat mempengaruhi sistem pembelajaran siswa di sekolah. Siswa dapat menemukan hal-hal yang baru yang terjadi dalam interaksi sosial seperti hubungan antar siswa, siswa dengan guru atau dalam masyarakat sehingga dapat memberikan akibat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran maupun pergaulan sehari-hari. Kendala-kendala yang dihadapi  antara lain siswa yang tidak setara SDMnya, guru yang sulit menyetarakan masalah dengan materi dan keterbatasan waktu, sarana prasarana yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran.The purpose of this study is to describe the implementation of inquiry learning in Wahid Hashim Tersono High School. What are the obstacles in the development of social inquiry learning and what efforts are used to overcome the obstacles in the development of inquiry learning? The results shows that the implementation of social inquiry learning in school Wahid Hashim Tersono shapes student’s creativity in the school. Students can discover new things that are happening in social interactions such as the relationship between students, between studentsand  teacher, and students with the community. It can be said that the method helps students become more active in learning and daily life. The constraints of the methodinclude the different level of students’ capacity, a teacher difficult to equate with material issues and time constraints, and a lack of infrastructure conducive to the learning process.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

komunitas

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Di Data GARUDA saya, jurnal KOMUNITAS yang diterbitkan oleh UNNES belum terakreditasi, seharusnya sudah terakreditasi SINTA 2 sesuai data SINTA. ...