NUANSA
Vol 5 No 1 (2016): Edisi Maret-Agustus 2016

Kompetensi Guru Mata Pelajaran dalam Mendesain dan Mengaplikasikan Perencanaan Pembelajaran di MI Al-Kautsar Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu

Haris, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi guru dalam mendesain dan mengaplikasikan perencanaan pembelajaran di MI Al-Kautsar Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.Subyek penelitiannya adalah guru kelas di MI Al-Kautsar Ranggo yang berjumlah 6 orang. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kompetensi guru dalam mendesain dan mererencanakan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas di MI Al-Kautsar Ranggo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 telah menyusun program perencanaan pembelajara, antara lain; kalender pendidikan, rencana minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kalender pendidikan disusun oleh guru dan kepala sekolah. Guru menghitung minggu efektif dan hari efektif dari kalender pendidikan yang telah disusun. Program tahunan dan program semester disusun oleh guru berpedoman pada rencana minggu efektif. Guru menyusun silabus berpedoman pada kurikulum yang berlaku di sekolah. Guru kelas menyusun RPP berpedoman pada silabus dan program semester. RPP yang disusun terdiri dari komponen standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, langkah pembelajaran, materi, metode, media, sumber belajar dan penilaian. Namun demikian, rata-rata guru belum mampu mengembangan strategi dan mekanisme yang memadai dalam mengaplikasikan perencanaan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...