Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat Kualitatif Deskriptif, dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Woja. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Model Relasi Sinergi Guru dengan Siswa yaitu dengan membentuk Kontrak Belajar, Membuat Kelompok Belajar bagi siswa dan mengadakan Evaluasi Belajar secara bersama. Dan ketiga tersebut menunjukan adanya pola Relasi Sinergi antara Guru dengan siswa di SMP Negeri 2 Woja. (2) Hambatan Relasi Sinergi guru dengan siswa muncul dari dua faktor yaitu Internal yaitu siswa dan guru, dimana masih terdapat pada sebagian siswa yang ingin mendominasi keadaan pada saat proses pelaksanaan belajar kelompok, dan guru dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pendidik, sejauh ini masih berlangsung secara monoton dan dalam keterpaksaan. Sedangkan dari faktor Eksternal penghambat tersebut yaitu minimnya partisipasi atau keterlibatan langsung orangtua dan masyarakat, pengaruh teknologi dan teman sepermainan serta dari segi ekonomi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016