NUANSA
Vol 6 No 2 (2018): Edisi September 2017-Februari 2018

Analisis Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Langkah Memahami Masalah Polya

Komalasari, Lala Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemcecahan masalah siswa pada materi geometri, penelitian dilakukan di SMP Advent Purwodadi Pasuruan, peneltian ini merupakan penelitian kualitatif, sehinnga data yang dihasilkan merupakan data deskriptif berupa gambaran mengenai analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan tahapan memahami masalah Polya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Advent Purwodadi, subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yakni tinggi, sedang dan rendah, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal yang  berkaiatan dengan geometri, serta dilakukan wawancara. Analisis data adalah menganalisis hasil kerja siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat memahami masalah dengan baik,sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori rendah memiliki kemampuan pemahaman yang kurang baik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...