Guru pendidikan agama harus mampu membimbing siswa sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengembangkan pengetahuan sesuai dengan struktur pengetahuan pendidikan agama Islam yang ditandai dengan prilaku dan prestasi yang diperoleh siswa sebagaimana amanat Kurikulum Tahun 2013. Dalam menerapkan kurikulum tahun 2013 guru atau mahasiswa calon guru perlu memahami kegiatan penilaian proses sehingga pembelajaran yang diterapkan tidak hanya terfokus pada pembekalan kemampuan kognitif belaka, melainkan juga mencakup aspek proses, keterampilan dan kecakapan kognitif.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan Kemampuan Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum Tahun 2013 Melalui Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI Tahun 2018. Subjek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam semester genap Tahun 2017/2018 dan memprogramkan Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran PAI.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan kegiatan penilaian proses sebagaimana Kurikulum Tahun 2013 secara utuh dan terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui desain dan perencanaan pembelajaran PAI. Proses kegiatan dilakukan melalui pendekatan latihan berulang dalam kegiatan mikro teaching berdasarkan perencanaan pembelajaran yang dibuat
Copyrights © 2018