Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas 1 SDN Salatiga 01 dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya berbasis literasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengacu pada pendapat Kemmis dan MC.Taggart yang setiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes formatif, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Salatiga 01. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 82,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,75%. Peningkataan aktivitas siswa berdampak pada ketuntasan hasil belajar tematik yang ditunjukkan pada siklus I sebesar 78%, dan meningkat menjadi 92% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran Tutor Sebaya berbasis literasi dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa.
 
Abstract: This research was conducted to improve the thematic learning outcomes of 1st grade students of SDN Salatiga 01 by applying literacy-based peer tutoring learning models. Method of this research is classroom action research. This research based on Kemmis and MC.Taggart opinion which each cycle consists of 4 components, namely planning, action, observation, and reflection. The data collection of this were research formative tests, observation sheets, and field notes. The data analysis used comparative descriptive technique. The subject of the research was 1st grade students of SDN Salatiga 01. The results showed an increase in the percentage of student learning activities in the first cycle of 82.75% and in the second cycle increased to 88.75%. The improvement of student activities has an impact on the completeness of the thematic learning outcomes shown in the first cycle of 78%, and increased to 92% in the second cycle. Based on the results of the study, a literacy-based peer tutoring learning model could improve students' thematic learning outcomes.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019