Pengkajian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengaruh model Problem Based Learning terhadap output nilai studi dan rasa ingintahu peserta yang dididik pada edukasi IPA kelas V SD Negeri Banjarwaru Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jenis pengkajian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Bahan bahan yang di ambil memakai teknik tes output nilai studi, angket, dan obesrvasi. Post-test output nilai studi experiment kelas dan control kelas nilai t hitung  > t tabel (2,841 > 1,99) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,010 < 1,998). Output bahan bahan rasa ingintahu peserta yang dididik nilai t hitung > t tabel (2,841 > 1,998) sedangkan nilai signikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Hal ini mengindikasikan terdapat kontradiksi output nilai studi yang baik pada peserta yang dididik di experiment kelas yang mendapat pengajaran dengan memakai model Problem Based Learning dibandingkan peserta yang dididik di control kelas pada variabel output studi dan rasa ingintahu pada pengajaran IPA.
Copyrights © 2018