JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 2, No 2 (2018)

KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TERPADU WIRA BHAKTI GORONTALO

SELVIANTI DAUD (Jurusan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
ARWILDAYANTO . (Jurusan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
NOVIANTY DJAFRI (Jurusan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah  untuk penguatan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yang diterapkan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan menggambarkan, dan  mengungkapkan keadaan, peristiwa sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta dilapangan secara mendalam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dapat dilihat dari 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa terdiri dari agama, budaya, pancasila, tujuan pendidikan nasional dan kepemimpinan spiritual, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa terdiri dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa yaitu pembiasaan terjadwal, spontan dan insidental, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dilihat dari keteladanan dan visi misi yang ada di sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...