Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Dinamika Litosfer dan Pedosfer. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA Negeri 6 Konawe Selatan semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang.Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis data dekriptif kualitatif dan dekriptif kuantitatif.hasil penelitian menunjukan bahwa Pada Siklus I mencapai 64,4% dan Siklus IIĀ sebesar 84,2%. Dari segi hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang telah mencapai indikator yang telah ditentukan sekolah. Dari 19 siswa, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,4% atau sebanyak 13 siswa mampu memperoleh nilai 75 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Hasil ini meningkatmenjadi84,2% pada siklus II. Berdasarkan indikator yang telah tercapai dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHTdapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan pada pokok bahasan dinamika litosfer dan pedosfer.
Copyrights © 2018