Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 3, No 4 (2018): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-B SMA NEGERI 6 KONAWE SELATAN PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PEDOSFER

Suharna, Ujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Dinamika Litosfer dan Pedosfer. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA Negeri 6 Konawe Selatan semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 19 orang.Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis data dekriptif kualitatif dan dekriptif kuantitatif.hasil penelitian menunjukan bahwa Pada Siklus I mencapai 64,4% dan Siklus IIĀ  sebesar 84,2%. Dari segi hasil menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang telah mencapai indikator yang telah ditentukan sekolah. Dari 19 siswa, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,4% atau sebanyak 13 siswa mampu memperoleh nilai 75 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Hasil ini meningkatmenjadi84,2% pada siklus II. Berdasarkan indikator yang telah tercapai dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHTdapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-B SMA Negeri 6 Konawe Selatan pada pokok bahasan dinamika litosfer dan pedosfer.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...